Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Populer

Followers

Bagaimana cara mengatasi air sumur yang kuning dan berbau besi? mari kita simak 
air kuning
air kuning
Disamping masalah air sumur yang berkapur, permasalahan lain yang terkadang terjadi pada air sumur adalah masalah air sumur yang berbau besiMeski bisa terjadi pada semua jenis sumur, timbulnya bau pada air sumur lebih sering terjadi pada sumur konvensional. Sebagaimana diketahui bersama, masyarakat di negara kita saat ini umumnya menggunakan 2 jenis sumur. 

1. Sumur konvensional 
Atau biasa disebut dengan sumur “srumbung” yang terbuat dari batu bata atau sumur dengan bis beton bulat 

2. Sumur bor dan atau sumur air dalam 

Air sumur yang berbau dapat dikarenakan oleh beberapa sebab, yaitu : 

● Karena air dari sumbernya memang mengandung bahan-bahan atau unsur yang menyebabkan air berbau
Sebagai contoh yang paling sering terjadi misalnya : kandungan logam besi ( Fe ) yang tinggi pada air akan menyebabkan air berbau amis. Dan sebagainya. 
Air sumur yang berbau karena sebab ini bersifat “fisikal / fisis” sehingga biasanya akan bersifat permanen. Kecuali jika kandungan unsur yang menyebabkan telah habis. 

● Karena sumber air tercemari oleh bahan pencemar di sekitarnya 
Ini sering terjadi pada sumur-sumur yang lokasinya berdekatan dengan sungai yang digunakan sebagai badan buangan limbah industri. 
Biasanya bersifat sementara, namun biasanya akan terulang dan dapat terjadi dalam waktu yang lama. 
( Kecuali industrinya tutup ). 

● Karena adanya aktivitas bakteri dan atau “benda asing” yang masuk ke dalam sumur 
Bau air sumur terjadi karena aktivitas biologis dari bakteri ( pembusuk ). Dan karena disebabkan oleh aktivitas biologis biasanya bau yang terjadi akan bersifat tidak permanen. 

Secara prinsip, masalah bau air sumur yang disebabkan oleh proses biologis atau fisikal, keduanya dapat di atasi dan dihilangkan. Hanya saja, yang perlu menjadi pertimbangan adalah, bau air sumur yang bersifat “ fisis” akan lebih sulit dihilangkan. 

Untuk itu artikel ini akan lebih terfokus pada cara mengatasi masalah bau pada air sumur yang dikarenakan oleh sebab kimia. 

Pada kondisi dan sebab tertentu aktivitas beberapa bakteri yang terdapat dalam sumber air dan atau air sumur dapat meningkat. Peningkatan jumlah dan kinerja bakteri ini pada akhirnya akan berimbas terjadinya air sumur yang berbau. 

Terlepas dari sebab-sebab dan jenis pencemaran yang terjadi, untuk menghilangkan bau pada air sumur, secara sederhana dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : 

● Penggunaan alat filter air
Solusi filter air ini memang lebih efektif dibandingkan bor ulang . Secara prinsip alat filter air ini mensolusi air yang kuning keruh bau besi menjadi air bersih yang layak. Sedangkan bor ulang air sumur hanya memindahkan titik atau mendalamkan titik akan tetapi hasil belum tentu bagus tergantung dari lokasi tata letak tanah di pengeboran. 
Anda juga bisa situs filter penjernih air ini sebagai referensi.